Kunker Komisi II DPRD Bone Ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan

Komisi II DPRD Kab.Bone melakukan kunjungan kerja ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 16 Maret 2018.

Kunjungan kerja ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan Ir. H. Abdul Azis, MM. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada anggota Komisi II DPRD Kab. Bone atas kunjungan ini, di mana kunjungan semacam ini bisa meningkatkan sinergitas dalam membangun peternakan di Sulawesi Selatan.

Sementara itu menurut Ketua Komisi II DPRD Kab. Bone Andi Muh. Indris Alang, S.H.,M.H., selaku ketua rombongan mengatakan bahwa kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan serta untuk mengetahui program/kegiatan yang dialokasikan di Kabupaten Bone baik yang bersumber dari Kegiatan APBN maupun Kegiatan APBD.

Dalam kunjungan kerja tersebut, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian baik provinsi maupun kabupaten, antara lain :
1. Bagaimana pengendalian pemotongan betina produktif yang selama ini masih menjadi persoalan yang mendasar dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas ternak, khususnya ternak besar( sapi dan kerbau ). Walaupun sudah ada undang-undangnya, sudah ada perda dan peraturan gubernur, namun nyatanya pemotongan ternak betina produktif masih tinggi. Olehnya itu kita semua berharaf agar larangan pemotongan ternak betina yang masih produktif perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat.

2. Lalu lintas ternak perlu berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang ada terutama yang berkaitan dengan kewenangan, misalnya lalu lintas ternak antar kabupaten dalam provinsi itu kewenangannya kabupaten/kota, kalau lalu lintas ternak antar provinsi itu kewenangannya provinsi begitu pula lalu lintas antar negara kewenangannya pusat. Sehingga perlu saling pengertian antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

3. Pelaksanaan Upsus Siwab yang merupakan program nasional yang perlu kita sukseskan bersama. Sebagaimana Sulsel ditargetkan pada tahun ini sebanyak 75.000 akseptor, dari target tersebut sudah didistribusikan ke kab/kota sesuai potensi yang dimiliki masing-masing.

Dalam kunjungan tersebut, selain diikuti oleh anggota Komisi II DPRD Kab Bone juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Peternakan Kab. Bone serta unsur Sekretariat DPRD Kab.Bone.

Berita Lainnya

Disnak Bone Garansi Stok dan Kualitas Daging Sapi

Dinas Peternakan Kabupaten Bone menjamin kesehatan daging yang dijual...

Bupati Bone Pantau Penyaluran Bansos di Kecamatan Tellu Limpoe

Bupati Bone Pantau Penyaluran Bansos di Tellu Limpoe Bupati Bone...

Bupati Panen Raya Padi di Desa Samaelo

Musim panen raya akan terus berlangsung di sejumlah wilayah...

Tanggap Pendemi COVID-19: Bupati Bone Gratiskan Pajak dan Air PDAM

Pemerintah Kabupaten Bone di bawah kepemimpinan Bupati Bone Dr....

Kontes Merpati Hias Sukses Raih Rekor MURI

Dalam rangka memeriahkan HJB ke ke-690 Komunitas Pecinta Burung...