Bone dan Tolitoli Jajaki Kembali MoU Pengembangan Peternakan

Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si. menerima kunjungan Wakil Bupati Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah Abdul Rahman Hi. Budding dan Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Moh. Randi Saputra, AR bersama Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tolitoli dan rombongan di Rumah Jabatan Bupati Bone, Jumat 10 Januari 2020.

Kedatangan Wakil Bupati Tolitoli bersama Rombongan di Bumi Arung Palakka untuk menjajaki kembali MoU yang sudah belangsung 5 tahun lalu bersama Pemerintah Kabupaten Bone di Bidang Pengembangan Peternakan dan Lalu Lintas Ternak Antar Provinsi.

Diketahui, Kabupaten Bone merupakan sentra pengembangan sapi ternak dengan populasi serta penghasil ternak sapi terbesar di Sulawesi Selatan.

Kabupaten Bone selama sejak tiga tahun terakhir menjadi rujukan bagi kabupaten lain tidak hanya di Sulawesi namun menjangkau Kabupaten Lingga provinsi Kepulauan Riau dalam pengembangan sektor pertanian dan peternakan.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Bupati Lingga Alias Wello dengan Bupati Bone, Dr. H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. pada Februari 2017 lalu. Di mana Kabupaten Bone menjadi rujukan atau tempat belajar di bidang pertanian dan peternakan.

Bahkan ditingkat nasional Kabupaten Bone mendapat penghargaan pemerintah pusat yaitu Penghargaan dan Medali Pembangunan Peternakan Tahun 2018.

Berdasarkan data Dinas Peternakan, populasi ternak Kabupaten Bone pada tahun 2016 mencapai 397 ribu, sedang tahun 2017 meningkat menjadi 419 ribu ekor, kemudian tahun 2018 mencapai 470 ribu ekor.

Dengan populasi ternak sebanyak itu, Bone menjadi penyangga populasi ternak di wilayah Sulawesi, bahkan di Kalimantan Timur hingga provinsi Kepulauan Riau.

Hadir mendampingi Bupati Bone Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. A. Muhammad Yamin. AT.,M.Si., Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. A. Gunadil Ukra, M.M, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone drh. H.Haris Handono, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bone Dr. H. A. Sumardi Suaib, M.Si. dan Kasatpol PP Kabupaten Bone A. Akbar, S.Pd., M.Pd.

Berita Lainnya

Disnak Bone Garansi Stok dan Kualitas Daging Sapi

Dinas Peternakan Kabupaten Bone menjamin kesehatan daging yang dijual...

Bupati Bone Pantau Penyaluran Bansos di Kecamatan Tellu Limpoe

Bupati Bone Pantau Penyaluran Bansos di Tellu Limpoe Bupati Bone...

Bupati Panen Raya Padi di Desa Samaelo

Musim panen raya akan terus berlangsung di sejumlah wilayah...

Tanggap Pendemi COVID-19: Bupati Bone Gratiskan Pajak dan Air PDAM

Pemerintah Kabupaten Bone di bawah kepemimpinan Bupati Bone Dr....

Kontes Merpati Hias Sukses Raih Rekor MURI

Dalam rangka memeriahkan HJB ke ke-690 Komunitas Pecinta Burung...